Thursday, September 21, 2006

TBC Liver


Assalamualaikum Wr. Wb.

Yth. Bpk Toto,

Sudah hampir satu minggu ini kebetulan orang tua saya baru keluar dari rumah sakit setelah 10 hari di-opname yang mana keluhannya cepet cape, perut sakit, dan ulu hati keras, kencing kotor dan sebagainya. Berdasarkan hasil USG dokter menyatakan bahwa orang tua saya menderita TBC liver. Sepintas terlihat di hasil USG bahwa livernya terdapat pengapuran, tampak putih-putih. Sampai sekarang orang tua saya masih belum sehat benar, sampai sekarang makan obat dan obat yang disuntikan yang diberikan dokter terus dilaksanakan. Ada yang memberi saran agar minum air kelapa dan itupun dilaksanakan juga. Kesimpulannya saya mempunyai 2 pertanyaan:
1. Obat tradiosonal apakah yang cocok untuk penyakit tersebut dan untuk mendapatkannya saya harus beli di mana.
2. Apakah benar air kelapa memang dapat membantu penyembuhannya.

Demikian, atas jawabannya dalam waktu tak lama saya ucapkan banyak terimakasih.

Wassalam,

Irwan Handaya
280370 at eramuslim.com

Jawaban

Tuberkulosis atau TBC adalah suatu penyakit menular yang disebabkan oleh kuman/baksil TBC. Penyakit ini bukan penyakit keturunan melainkan karena kuman. Ventilasi dan sanitasi yang kurang baik memudahkan terjangkitanya penyakit ini. Gejala umum penyakit ini pada tahap awal antara lain mudah lelah, berkurangnya nafsu makan, berat badan menurun, berkeringat pada malam hari, hingga demam ringan.

TBC biasanya menyerang paru, tetapi juga dapat menyerang bagian tubuh lain, seperti kelenjar getah bening, selaput otak, kulit, tulang,liver, lambung dan sebagainya.TBC Liver termasuk penyakit yang sangat jarang ditemui di Indonesia, sehingga bila dilakukan pengobatan, maka cara pengobatannya pun akan sama seperti TBC paru-paru harus teratur minum obat sedikitnya selama 6 bulan atau sampai dinyatakan sembuh oleh dokter.

TBC termasuk penyakit menular, karena itu ada baiknya jika berkomunikasi dengan penderita TBC harus menggunakan masker untuk menutupi hidung. Karena, bila seorang penderita TBC berbicara, meludah, batuk atau bersin, maka kuman TBC yang berada di dalam paru akan menyebar ke udara dan kuman tersebut dapat dihirup oleh orang lain yang berada di sekitarnya dan secara tidak sengaja menghirupnya. Bahkan, dalam tempo satu tahun, 1 orang penderita TBC dapat menularkan penyakitnya pada 10 - 15 orang di sekitarnya.

Apa yang dialami orang tua anda bisa jadi TBC tersebut merembet ke hati. Sayangnya anda tidak menjelaskan apakah orang tua anda pernah menderita penyakit hepatitis atau liver sebelumnya. Sebab, kuman TBC ini paling cepat menyusup ke organ yang paling lemah di tubuh kita. Di samping itu, usia orang tua anda yang sudah tidak muda lagi menyebabkan daya tahan tubuh jauh menurun sehingga mudah dijangkiti penyakit.

Fungsi air kelapa muda sebenarnya untuk membuang racun dalam tubuh, misalnya akibat keracunan makanan. Meminum air kelapa dalam kasus ini sebaiknya untuk sementara waktu saja. Karena, air kelapa tidak bisa menghilangkan penyebab utama dari penyakit tersebut. Coba gunakan sambiloto dan daun pegagan. Caranya, ambil 20 gr sambiloto segar + 60 gr pegagan direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring, minum 1 hari dua kali. Saat perebusan, gunakan paci yang terbuat dari enamel atau tanah.

Dengan menggunakan produk HPA, bisa menggunakan Teh Herba, Spirulina, Habasauda dan Shark Cartilage.

No comments: