Tuesday, September 19, 2006

Bagaimana Menurunkan Trombosit?


Ass. Wr.

Bapak Toto yth., saya punya masalah dengan jumlah trombosit. Bila pada penderita demam berdarah jumlah trombosit adalah di bawah 100, sedang pada tubuh yang normal adalah 150-450, sedang saya pernah mencapai 1.200, dan terakhir setelah minum obat dari dokter (obat tersebut harus diminum seumur hidup) jumlahnya sempat mencapai 850.

Mohon petunjuk adakah jalan keluar dengan pengobatan herba. Saya takut efek samping dari bahan kimia obat tersebut terhadap ginjal.

Wassalam,

Zul

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Zul Yth.,

Nama asli trombosit adalah Trombopenia, istilah ini dipakai mengacu pada berkurangnya jumlah trombosit atau sel pembeku dalam darah. Trombosit atau keping darah merupakan keping darah berbutir halus. Pada orang normal, jumlahnya mencapai 200 ribu sampai 400 ribu per mikroliter.

Trombosit merupakan hasil pemecahan sel megakariosit dalam sumsum tulang. Trombosit mengandung serotonin, ADP, ion kalsium, dan beberapa faktor pembekuan darah di dalamnya. Karena sifatnya yang beku, maka trombosit yang tinggi di atas normal memang patut diwaspadai, sebab tidak tertutup peluang akan mudah saling menempel satu sama lain yang bisa menghambat arus darah mengalir di pembuluh.

Kondisi seperti ini, akan lebih diperburuk lagi bila lemak darah seperti kolesterol dan trigliserid juga meningkat di atas normal. Kolesterol dan trigliserid mempunyai kebiasaan selalu membuat plak-plak di sepanjang dinding pembuluh darah. Artinya, akan terjadi sumbatan-sumbatan di pipa pembuluh alit yang berisiko menyebabkan terjadinya stroke dan jantung koroner.

Biasanya, untuk mengatasi masalah ini, diberikan obat anti-lengket sel darah atau antiplatelete, namun obat yang mencegah terjadinya saling menempel antara butiran sel darah tersebut tidak hanya akan menyebabkan ketergantungan, tapi juga membawa efek samping yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

Ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu mengatasi masalah ini adalah, dengan cara berolahraga rutin selama 30-45 menit, jika memungkinkan olahraga jalan cepat atau jogging lebih efektif untuk membakar kalori dan lemak yang ada di dalam tubuh. Sekaligus, melancarkan pembuluh darah yang tersumbat. Kemudian, banyaklah minum air putih, minimal 8 gelas besar sehari. Terapi air juga sangat bermanfaat untuk melancarkan dan mengencerkan darah.

Untuk herba, anda bisa mengonsumsi Omega 3 gel, Mengkudu dan Teh Herba. Cara minumnya, Omega 3 dan Mengkudu diminum 1 kapsul pada pagi hari dan 2 kapsul malam hari. Sementara Teh Herba, diseduh dulu di cangkir, lalu ditutup sampai suam-suam kuku, baru kemudian diminum. Teh Herba bisa diminum bersama kedua herba lainnya atau diminum terpisah. Sangat dianjurkan untuk minum ketiga herba tersebut 30 menit sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

2 comments:

Anonymous said...

pak itu bisa berarti ada gangguan pada sumsum tulang. jika dignosis dokter adalah esensial trombositosis, maka bapak pasti diresepkan obat hydroxyurea, perlu minum air putih banyak karena obat tersebut bisa mengakibatkan peningkatan asam urat. setahu saya belum ada obat herbat yang dapat menurunkan trombosit. kalau omega 3 itu untuk menurunkan kolesterol

Anonymous said...

Setelah minum obat tersebut harus langsung cuci tangan karena obat tersebut termasuk golongan sitostatika. Jika anda sudah menggunakan dalam jangka waktu yang lama maka di siang hari perlu memakai body lotion yang mengandung SPF minimal lebih dari 15 untuk melindungi kulit dari bahaya UV karena obat tersebut mebuat tubuh lebih riskan terhadap kanker kulit. Anda perlu rutin check darah lengkap. dan memanage stress. Semoga bisa menambah pengetahuan