Thursday, September 21, 2006

Sakit Gigi


Apa sih obat yang paling mantap untuk sakit gigi? Atas jawaban nya ana ucapkan terima kasih.

Abdussalam Khalilullah
salam_2006 at eramuslim.com

Jawaban

Waalaikumsalam. Wr. Wb.

Masalah gigi yang paling kerap terjadi adalah karies atau gigi berlubang. Lubang tersebut bisa muncul karena makanan tinggi karbohidrat, gula, dan minuman bersoda. Terutama bila sehabis mengonsumsi makanan atau minuman tersebut tidak dilanjutkan dengan menggosok gigi.

Selain itu, cara menyikat gigi yang salah juga bisa membuat gigi berlubang. Menyikat gigi secara mekanik, tidak dengan tindakan yang tepat memang bisa membuat gusi menyusut. Dengan begitu gigi yang berdekatan dengan gusi bisa berlubang.

Kalau lubangnya dangkal, masih memungkinkan dilakukan penambalan sebagai langkah perawatan. Namun, jika lubangnya sudah menembus pulva atau saraf, gigi sudah tidak bisa ditambal lagi. Biasanya kondisi itu membuat penderita mengeluh sakit.

Dalam kondisi serupa itu, saluran sarafnya harus dibersihkan. Sarafnya pun harus dimatikan. Kalau tidak, saluran akan menjadi kotor. Saraf yang sudah mati pun akan membusuk. Hal ini tentu saja akan membuat isi saluran dipenuhi kotoran dan kuman.

Lalu, jika mahkota giginya saja yang ditambal, tanpa memperhatikan saluran maupun sarafnya, rasa sakit tidak akan hilang. Dari luar gigi terlihat bagus tapi sebetulnya masih sakit karena sarafnya sudah busuk. Busuknya pun sudah menyebar ke seluruh saluran akar. Kalau hal ini dibiarkan, maka akan menimbulkan infeksi kronis. Artinya, suatu infeksi kronis di suatu tempat yang sudah ada dalam waktu cukup lama dan menyebabkan penyakit di tempat lain.

Ini dikarenakan di tempat yang kronis tersebut selalu ada racun (toksin), sisa-sisa kotoran dan kuman. Dari fokus atau tempat tersebut, racun atau infeksi bisa menyebarkan penyakit ke tempat lain di tubuh seperti ginjal, jantung, mata, kulit, dan lainnya.

Guna menghindari berbagai penyakit yang diakibatkan gigi dan gusi rusak, selain rutin melakukan pemeriksaan minimal setahun sekali, setiap individu juga harus memperhatikan masalah perawatan gigi dan gusi, baik menyangkut penggunaan sikat gigi maupun cara dan waktu menggosok gigi.

Idealnya, gosok gigi dilakukan setiap kita habis makan atau minimal tiga kali sehari, terutama sebelum tidur malam. Di samping itu, pola makan, jenis makanan terutama makanan manis dan lengket seperti permen atau permen karet merupakan pemicu timbulnya sakit gigi dan gusi. Tidak kalah penting adalah mengenai cara menyikat gigi yang baik, penggunaan jenis sikat gigi yang tidak merusak, serta mengganti sikat gigi setiap tiga bulan sekali agar gigi dan gusi bebas dari bakteri pembawa penyakit.

Obat alami untuk sakit gigi adalah cengkeh dan daun sirih. Cengkeh memiliki sifat antiseptica (antikuman), carminativa (peluruh angin), rubefaciencia (memanaskan kulit), antispasmodica (menghilangkan kejang), dan analgesik (pati rasa). Karenanya tanaman ini bisa digunakan untuk obat sakit gigi. Selain juga bisa untuk nyeri haid, rematik/pegal linu, masuk angin/mual, suara parau (serak), dan selesma.

Mengatasi sakit gigi, gigi yang berlubang disumbat dengan kapas yang telah diteteskan dengan minyak cengkeh. Atau, 10 butir cengkeh disangrai sampai halus, lalu digiling halus, dimasukkan pada lubang gigi secukupnya, lalu ditutup dengan kapas. Lakukan dua kali sehari.

Sedangkan daun sirih, tanaman yang berasal dari India, Sri Lanka, dan Malaysia ini telah dikenal sejak tahun 600 SM. Pada daunnya mengandung allylrocatechol, cineole, caryophyllene, menthone, eugenol, dan methyl ether. Bahkan, ia berisikan vitamin C dan alkaloid arakene yang khasiatnya sama dengan kokain. Senyawa ini memiliki daya antiseptik yang kuat dan daya bunuh bakterinya bisa sampai lima kali lipat dari fenol biasa.

Penggunaanya, setelah dibersihkan, dua lembar daun sirih bisa langsung dikunyah hingga halus, lalu hasil kunyahan tersebut bisa ditempelkan ke gigi yang sakit.

Untuk produk HPA, dapat mengunakan minyak But-But, caranya, kapas kecil yang sudah dibubuhi minyak But-But lalu diletakkan di gigi yang sakit atau berlubang.

1 comment:

Unknown said...

Gigi saya berlubang trus sdh sy ksh minyak butbut yg dibasahi dikapas lalu ditempel di gigi yg berlubang tp.. knp mlh tambah nyutnyut sakiiit bngt pdhl udah 2 hr ini sy melakukan hal tsb..