Thursday, September 21, 2006

Mata Minus


Ass.Wr. Wb.

Mata saya minus dua-duanya, apakah ada obat tradisional (herba) untuk menyembuhkan mata minus? Terima kasih atas perhatian dan jawabannya.

Nining
nineteen at eramuslim.com

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Cara kerja mata kita bagaikan lensa. Jika kita terlalu banyak memaksakan mata untuk melihat dalam keadaan gelap atau jauh maka mata akan berakomodasi terus. Semakin sering mata berakomodasi semakin memperlambat kerja penglihatan. Hal itu tentu bisa menyebabkan mata minus ataupun positif.

Kelainan mata ini umumnya disebabkan karena kelainan refraksi. Kelainan refraksi ini merupakan kelainan sistem optik di mana mata tidak bisa memfokuskan penglihatan (bayangan subjek penglihatan) tepat pada retina mata.

Normalnya, panjang sumbu bola mata harus sama persis dengan kekuatan refraksi. Namun bila kekuatan refraksinya normal tetapi sumbu bola matanya terlalu panjang, maka bayangan akan jatuh di depan retina. Kelainan seperti itu disebut myop (rabun jauh atau cadok) dan untuk mengatasinya diperlukan kacamata minus agar mata kembali mampu memfokuskan bayangan subjek penglihatan agar jatuh tepat pada retina.

Kebiasaan lain yang mempengaruhi kelainan pada mata adalah kurangnya cahaya pada objek yang dilihat. Karena, bila membaca sambil tiduran atau duduk tapi lampu penerangan tidak cukup akan menyebabkan bayangan subjek pada retina tidak fokus, lama kelamaan hal ini akan menyebabkan kurangnya kemampuan refraksi pada sumbu bola mata.

Ada baiknya, saat membaca, atau juga melakukan pekerjaan tangan yang rumit seperti menisik, menjahit, melukis, dan sebagainya, disarankan menggunakan penerangan dengan bola lampu susu 40 watt. Sudah begitu sinarnya dipusatkan ke objek bacaan atau pekerjaan yang dilakukan.

Sebab, bola lampu susu tidak silau karena ada filternya. Sedangkan, lampu neon tidak disarankan karena sinarnya berupa getaran. Lampu duduk dengan bohlam 60 watt dinilai terlalu terang, sebaliknya di bawah 40 watt terlalu redup. Kurangnya penerangan yang cukup menyebabkan kerja otot terlalu berat sehingga mata mudah lelah dan pedih, dan ini mempercepat timbulnya kelainan myop terutama pada seseorang yang punya bakat.

Lalu bagaimana dengan wortel, apakah wortel bisa mengatasi mata minus atau plus? Menurut kedokteran mata, mitos itu tidak benar. Wortel memang banyak mengandung vitamin A dan bagus untuk kesehatan, namun tidak untuk mencegah myop. Begitu pun air sirih yang dikatakan bagus untuk mencuci mata, sebenarnya sama saja fungsinya dengan mencuci mata dengan air bersih atau boorwater.

Manfaat wortel, hanya berfungsi untuk memperbaiki sel-sel retina mata karena di dalam wortel memang terkandung karotenoid yang berfungsi pada metabolisme sel-sel syaraf mata, atau sel retina. Meski demikian,
wortel memang tetap harus dikonsumsi dalam dosis yang cukup. Tetapi, tujuannya bukan untuk menghilangkan minus namun sekedar untuk memperbaiki sel-sel retina. Selain itu tetap juga diperlukan keseimbangan nutrisi demi mempertahankan struktur dinding bola mata agar tetap bagus.

Untuk tidak memperparah mata minus, cobalah perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Cara termudah untuk menjaga agar mata minus tak kian bertambah adalah banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lutein. Lutein banyak terkandung pada sayuran berwarna hijau. Lutein sangat diperlukan retina sebagai filter terhadap sinar biru yang toksik terhadap makula retina mata. Selain itu ada baiknya terus mengkonsumsi makanan bervitamin A dan beta karoten seperti wortel dan ubi. Banyak-banyaklah konsumsi sayuran, selain Anda mendapatkan manfaatnya bagi mata baik juga untuk tubuh dan kulit kan?

2. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencegah minus pada mata bertambah. Salah satunya adalah selalu mencek kondisi mata Anda. Kendati Anda tak merasakan adanya masalah pada mata, tak ada salahnya sesekali memeriksakannya ke dokter. Akan lebih mudah jika bisa diketahui lebih dini.

3. Kendalikan kondisi kesehatan yang bisa berdampak pada penglihatan. Seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

4. Lindungi dengan kacamata. Mata minus sebaiknya selalu terlindungi dari radiasi sinar UV. Pilih kacamata yang tepat dengan kualitas baik. Kacamata ini akan semakin penting artinya saat menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer atau TV. Ataupun saat tengah mengkonsumisi obat yang meningkatkan kepekaan mata kita terhadap radiasi sinar UV.

5. Sering-sering mengistirahatkan mata Anda. Kendati hal ini tak akan mengurangi minus pada mata Anda, setelah berjam-jam duduk di depan komputer atau membaca, cobalah melihat pemandangan lain. Jangan terlalu memfokuskan mata pada komputer terlalu lama.

6. Yang tak kalah harus diperhatikan adalah penerangan yang cukup. Jangan memaksakan diri membaca dalam gelap atau cahaya yang remang-remang. Sebaiknya juga jangan menonton TV di malam hari dengan lampu mati. Gunakan penerangan yang cukup untuk membantu mata Anda menguasai objek yang ingin dilihat.

Cadangan herba dari HPA untuk mata minus adalah: OTM, Omega 3 kapsul, Mengkudu dan Teh Asiatica.

No comments: