Tuesday, September 19, 2006

Susah Tidur


Assalamualaikum, pak Toto.

Saya pria umur 34 tahun. Akhir-akhir ini saya sering merasakan pusing dan susah tidur. Yang saya tanyakan apa penyebabnya dan makanan apa yang tidak boleh dikonsumsi? Terima kasih.

Fasha

Jawaban

Waalaikumsalam. Wr.Wb

Saudara Fasha Yth.,

Tidur merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting, karena tidur mengendalikan irama kehidupan kita sehari-hari. Jika kita kurang tidur atau mengalami gangguan dalam tidur, maka hari-hari kita akan menjadi lambat dan kurang bergairah.

Tidur, juga, merupakan proses yang amat diperlukan oleh manusia untuk terjadinya pembentukan sel-sel tubuh yang baru, perbaikan sel-sel tubuh yang rusak (natural healing mechanism), memberi waktu organ tubuh untuk beristirahat maupun untuk menjaga keseimbangan metabolisma dan biokimiawi tubuh.

Sehingga, bila kita kurang tidur dapat melemahkan sistem pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit, terutama virus. Kurang tidur ataupun sedikit tidur akan menurunkan respon kekebalan tubuh. Kondisi ini menyebabkan ketahanan tubuh kita terhadap kuman penyakit seperti virus, bakteri dan lain-lain akan menurun drastis.

Daya tahan tubuh yang lemah membuat kita mudah terserang penyakit. Penyakit seperti flu dan infeksi saluran nafas biasanya akan menyerang pertama kali. Penyebab susah tidur itu bermacam-macam. Ada baiknya anda juga mencari penyebab terjadinya susah tidur dengan mengetahui gejala-gejalanya yang jelas, apakah sulit tidur disebabkan karena penyakit rematik, flu, sakit gigi, operasi, patah tulang, dan lain-lain.

Ada 4 jenis gangguan tidur antara lain: insomnia, narcolepsy, hypersomnia, dan apnea. Yang dimaksud insomnia adalah suatu gangguan tidur yang dialami oleh penderita dengan gejala-gejala selalu merasa letih dan lelah sepanjang hari dan secara terus menerus (lebih dari sepuluh hari) mengalami kesulitan untuk tidur atau selalu terbangun di tengah malam dan tidak dapat kembali tidur.

Seringkali penderita terbangun lebih cepat dari yang diinginkannya dan tidak dapat kembali tidur. Ada tiga jenis gangguan insomnia, yaitu: susah tidur (sleep onset insomnia), selalu terbangun di tengah malam (sleep maintenance insomnia), dan selalu bangun jauh lebih cepat dari yang diinginkan (early awakening insomnia).

Sementara narcolepsy, adalah gangguan tidur yang diakibatkan oleh gangguan psikologis dan hanya bisa disembuhkan melalui bantuan pengobatan dari seorang dokter ahli jiwa. Penyakit ini berbeda dengan insomnia yang terjadi secara terus-menerus. Justru penderita narcolepsy ini terkena serangan secara mendadak pada saat yang tidak tepat, seperti sedang memimpin rapat – biasanya terjadi serangan pada kondisi emosi yang tegang seperti: marah, takut atau jatuh cinta. Serangan narcolepsy dapat melumpuhkan seseorang dalam beberapa menit ketika dia masih sadar dan secara tiba-tiba membawanya ke alam mimpi.

Sedangkan hypersomnia, adalah kebalikan dari insomnia. Seringkali penderita dianggap memiliki gangguan jiwa atau malas. Para penderita hypersomnia membutuhkan waktu tidur yang sangat banyak dari ukuran normal. Meskipun penderita tidur melebihi ukuran normal, namun mereka selalu merasa letih dan lesu sepanjang hari.

Yang terakhir adalah apnea, adalah penyakit yang disebut juga ”to fall asleep at the wheel” karena sering dialami ketika penderita sedang mengemudikan mobil. Apnea terjadi karena fluktuasi atau irama yang tidak teratur dari denyut jantung dan tekanan darah. Ketika terserang, penderita seketika merasa mengantuk dan jatuh tertidur. Penderita apnea mengalami kesulitan bernafas bahkan berhenti bernafas pada saat tidur ketika terserang gangguan ini (dalam bahasa Jawa disebut ”tindihan”). Fluktuasi denyut jantung dan tekanan darah yang tinggi dapat menyebabkan kematian seketika pada penderita.

Ada beberapa tips agar anda mudah bisa tidur, misalnya: Hindari kafein dalam segala bentuk setelah makan siang (kopi, teh, coklat, dan beberapa minuman ringan lainnya yang mengandung stimulan); Mandilah yang lama dan yang senyaman mungkin dengan air hangat sebelum berangkat tidur (cara ini bisa menurunkan ketegangan otot-otot tubuh, sehingga bisa rileks sebelum tidur); Hindari makan terlalu kenyang atau terlalu sedikit, karena hal tersebut akan menyebabkan perut merespons secara tidak normal; Aturlah lingkungan kamar tidur secara efektif dan efisien, termasuk lampu tidur yang memenuhi syarat. Sebab kondisi lingkungan tertentu, semisal suara bising, lampu sangat terang, akan mengganggu konsentrasi tidur.

Cara lain untuk mudah tidur, adalah banyak menyantap kangkung, baik dalam bentuk tumis maupun lalapan. Karena kankung mempunyai zat sedatif (penenang/obat tidur). Karenanya, tidak heran jika kita mudah mengantuk setelah makan dalam porsi banyak dengan menu utama kangkung. Atau banyak mengemil manisan buah pala. Namun, jika anda menderita penyakit maag, cara ini tidaklah cocok.

Untuk herba, anda bisa mengonsumsi Mengkudu dan Teh Herba, kedua herba ini sangat baik untuk menstimulasi dan mengatasi gangguan tidur seperti insomnia.

No comments: