Thursday, September 21, 2006

Alpukat dan Kolesterol Tinggi


Assalamu'alaikum warahmatullaah

Yth. Bapak Toto Buntoro, saya orang yang dikatakan oleh dokter hasil periksa, adalah gula dan kolestrol tinggi. Memang badan saya sering tidak enak terasa linu di persendian tulang peluru pundak. Pertanyaan saya:
1. Apakah itu memang reaksi penyakit tersebut?
2. Bagaimana cara menghilangkannnya, karena setiap malam kami tidak bisa tidur karena linunya?
3. Apakah alpokat juga banyak mengandung kolesterol (bolehkah dikonsumsi)?

Terima kasih atas jawabannya.

Wassalaamu'alaikum,

Anis Rohmat
fiankamachids at eramuslim.com

Jawaban

Waalaikumsalam Warahmatullah Wabarakatuh

1. Betul. Umumnya, bila kolesterol tinggi, rasa pegal-pegal terasa di daerah pundak, punuk dan leher. Terkadang, sering disertai dengan sakit kepala. Kolesterol tinggi disebabkan oleh pola makan yang kurang tepat dan jarang berolahraga.

Indikasi lain yang menunjukkan kolesterol tinggi adalah dengan melihat ruas ujung jari-jari berwarna lebih merah atau lebih gelap dari ruas jari di bawahnya. Semakin gelap warnanya menandakan kadar kolesterolnya semakin tinggi. Atau, telapak tangan berwarna merah, terlihat bengkak dan terdapat urat berwarna biru.

Kolesterol dikenal sebagai penyebab utama terjadinya aterosklerosis. Akibatnya, saluran pembuluh darah, khususnya pembuluh darah koroner, menjadi sempit dan menghalangi aliran darah di dalamnya. Keadaan ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner (PJK) dan stroke.

Peningkatan kolesterol juga terjadi akibat menurunnya pengeluaran (ekskresi) kolesterol ke usus melalui asam empedu atau produksi kolesterol di hati meningkat. Kolesterol cenderung meningkat pada orang yang kegemukan, kurang olahraga, stres, dan perokok berat.

Kolesterol yang berasal dari lemak adalah zat yang berguna untuk menjalankan fungsi tubuh. Sebagai sumber energi, lemak memberikan kalori paling tinggi. Satu gram lemak menghasilkan 9 kalori, sedangkan karbohidrat hanya 4 kalori.

Sekitar 80 persen kebutuhan kolesterol dihasilkan oleh tubuh, selebihnya dari makanan tinggi kolesterol. Sebaliknya, lemak tak jenuh dari tetumbuhan, seperti minyak kedelai, tidak banyak berpengaruh pada peningkatan kolesterol darah.

Selain untuk proses metabolisme, kolesterol untuk membungkus jaringan saraf (mielin), melapisi selaput sel, dan pelarut vitamin.

Ada kecenderungan, anda tidak hanya mengalami kolesterol, tapi juga asam urat atau gout. Rasa sakit yang ada di hampir semua sendi merupakan efek dari tingginya kadar asam urat. Kadar asam urat yeng berlebihan dalam darah menyebabkan penimbunan kristal asam urat. Apabila penimbunan kristal itu terbentuk pada cairan sendi, maka terjadilah asam urat. Jika penimbunan itu terjadi pada ginjal, akan muncul batu asam urat ginjal yang sering disebut dengan batu ginjal.

Sedangkan simpton untuk gula, biasanya cepat merasa haus dan lapar, sering merasa lelah dan mengantuk. Tapi, tidak berkait dengan nyeri di sendi. Cobalah cek ruas jari-jari pertama, tepat di bawah kuku anda, bila warnanya lebih gelap dibanding warna ruas jari di bawahnya, berati kadar gula anda tinggi.

2. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan menurunkan kadar gula, kolesterol dan asam urat kepada porsi yang normal. Hal ini bisa dilakukan dengan berpuasa, puasa Senin Kamis atau Puasa Nabi Daud. Puasa adalah cara paling efektif untuk mengembalikan fungsi organ tubuh sebagaimana adanya, di samping berfungsi untuk detoksifikasi, pembuangan racun dalam tubuh.

Anda juga bisa mengkomsumsi herba seperti Teh Herba atau Teh Asiatica, yang bisa meluruhkan kadar kolesterol, gula dan asam urat sekaligus. Anda pun harus rajin berolahraga, minimal 30 menit sehari.

3. Alpukat memang mengandung kolseterol, tapi kolesterol baik (HDL), karena itu, sangat aman untuk dikonsumsi bagi yang menderita kolesterol tinggi sekalipun. Alpukat mengandung asam folat, asam pantotenat, niasin, vitamin B1,vitamin 86, vitamin C, vitamin E, fosfor, zat besi, kalium, magnesium, dan glutation, juga kaya akan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal. Kandungan ini yang mampu menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol darah. Caranya:Bahan: 0,5 - 1,5 buah alpukat matang. Cara Pemakaian: Buah alpukat dimakan mentah. Lakukan setiap hari.

No comments: