Tuesday, September 19, 2006

Obat Wasir untuk Ibu Hamil


Obat apa yang aman untuk wasir bagi ibu menyusui/hamil?

Ris

Jawaban

Saudara Ris Yth.,

Wasir adalah penyakit yang timbul karena pembuluh-pembuluh darah di daerah anus melebar akibat aliran darah ke jantung terhambat. Pembuluh yang melebar ini kemudian ditutupi oleh selaput lendir, kulit, jaringan ikat atau otot-otot polos, dan lama-kelamaan membengkak dan membentuk tonjolan.

Penyebab wasir yang utama hingga kini belum diketahui secara pasti. Tapi, wasir diakui berkaitan erat dengan sulitnya buang air besar sehingga terpaksa harus mengejan. Selain itu, pekerjaan yang menyita banyak waktu duduk, berdiri lama, mengangkat yang berat-berat.

Bahkan, wanita hamil pun bisa terserang wasir. Wasir kerap dihubungkan dengan kelemahan bawaan dinding vena, penekanan oleh rahim selama kehamilan, dan terhambatnya aliran darah vena oleh kontraksi otot dinding rektum selama buang air besar atau saat mengejan ketika hendak melahirkan.

Beberapa jenis makanan yang merangsang, seperti cabe dan rempah-rempah pun dapat memicu wasir. Karena zat dalam makanan tersebut membuat pembuluh darah gampang melebar. Penyakit diare kronis juga bisa menimbulkan wasir. Saat diare, menyebabkan buang air besar berulang-ulang, sehingga pembuluh darah yang melebar dan tertutup oleh selaput lendir, jaringan ikat atau kulit, terlalui kotoran dan terinfeksi.

Sebenarnya ada produk HPA khusus untuk wasir yaitu Ficus, namun karena isteri anda sedang hamil, sebaiknya tidak usah mengonsumsi Ficus untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan. Yang terpenting adalah pola makan isteri anda harus dirubah dengan memperbanyak sayur-sayuran dan buah-buahan, serta banyak minum air putih.

Untuk herba, isteri anda bisa mengonsumsi Spirulina dan Madu, serta Minyak But-But. Spirulina sangat kaya dengan serat dan banyak mengandung nutrisi, karena itu sangat baik untuk wanita hamil, sedangkan madu bagus untuk kesehatan tubuh dan janin yang sedang dikandung. Sebaiknya, isteri anda juga mengonsumsi Omega 3 kapsul yang berguna untuk membantu meningkatkan sistem kerja otak, saraf sensorik dan motorik bagi janin.

Cara mengonsumsinya, 1 kapsul Spirulina pada pagi hari dan 2 kapsul pada malam hari sebelum tidur. Diminum 30 menit sebelum makan atau 2 jam setelah makan. Untuk madu, 2 sendok makan madu dicampur air hangat 150 cc., diaduk hingga rata lalu diminum 2 kali sehari. Sedangkan Minyak But-But bisa digunakan bila tonjolan di anus sudah keluar, cukup dengan mengoleskan Minyak But-But ke tonjolan tersebut sambil menekan masuk pelan-pelan.