Wednesday, September 13, 2006

Sakit Maag dan Nyeri Ulu Hati


Ass. Wr. Wb.

Selamat sore Pak Toto,

Sekitar bulan Mei 2006 yang lalu saya terkena serangan maag yang sampai sesak nafas serta SGOT dan SGPT yang naik dan sempat dirawat UGD rumah sakit sekitar 5 jam, di-USG dan endoscopy, ternyata semuanya baik. Perlu Bapak ketahui sebelumnya saya hanya merasakan perih setelah makan salah satu produk mie instant atau makan yang agak pedas dan sampai sekarang saya belum merasa enak akan penyakit ini. Apabila sehabis makan terlalu kenyang saya rasakan pernafasan lewat hidung saya agak terganggu. Yang ingin saya tanyakan:

1. Apakah ada hubungannya antara gangguan lambung, fungsi liver dan sistem pernafasan?

2. Apakah penyebab gangguan penyakit di atas?

3. Apakah gangguan lambung tersebut bisa sering kambuh lagi? Karena yang rasakan apabila makan salah dan telat perut saya kembung kembali.

4. Makanan apa yang baik dan tidak baik dikonsumsi?

5. Olah raga apa yang cocok untuk sementara waktu karena yang saya rasakan nafas masih terasa agak susah?

6. Apakah minum biang kunyit/kunyit putih, beras kencur, telur ayam kampung, dan madu dan menyembuhkan penyakit ini? atau herba apa yang paling cocok untuk penyakit ini?

Atas perhatian dan bimbingannya saya mengucapkan terima kasih.

Adi

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Adi Yth.,

1. Maag adalah penyakit pada alat pencernaan, baik lambung maupun usus yang ditandai dengan rasa tidak nyaman, sakit di ulu hati, mual, dan kembung. Bahkan dalam beberapa kasus penyakit ini ditandai dengan sakit di bagian perut hingga menusuk tulang belakang.

Sebenarnya, penyakit maag itu terbagi menjadi dua yaitu dispepsia organik dan non-organik. Dispepsia organik adalah penyakit maag yang sudah parah seperti tukak lambung, sementara non-organik adalah penyakit maag yang ditandai dengan kelainan minimal seperti kemerahan pada alat pencernaan. Antara penyakit maag, liver dan sistem pernafasan, secar klinis, tidak hubungannya sama sekali.

2. Dispepsia non-organik ini biasanya disebabkan oleh stres, makanan pedas, alkohol dan merokok. Biasanya gejala yang timbul itu hanya mual, eneg, atau perut terasa penuh. Penyebabnya karena ketidakseimbangan antara asam dan basa. Kelebihan asam atau asidosis ini yang kemudian naik ke osophagel value sehingga terjadilah sakit uluhati (heartburn) dan gastrik.

Sedangkan dispesia organik mengalami gejala-gejala yang dirasakan pada non-organik ditambah muntah yang hebat hingga hanya menyisakan cairan yang berwarna kuning yang rasanya asam di lidah. Kadang, saat buang air besar diiringi dengan darah segar.

Namun, yang harus diingat adalah jangan sekali-kali menilai sendiri apakah maag yang diderita parah atau tidak. Karena berangkat dan kenyataan bahwa setiap orang memiliki tingkat kepekaannya sendiri-sendiri. Misalnya ada yang merasakan sakit yang amat sangat pada lambungnya padahal dia hanya kemerahan sedikit, sebaliknya ada juga yang tidak merasakan apa-apa padahal kondisi lambungnya sudah demikian parah.

3. Gangguan lambung bisa saja kambuh lagi, semisal anda makan pedas atau telat makan. Karena, lambung yang sedang meradang sangat sensitif dengan kehadiran asam lambung walau hanya sedikit. Karena itu, sebaiknya, usahakan banyak ngemil buah-buahan seperti pepaya atau makanan kecil seperti biskuit goban agar bisa melapisi lambung bila asam lambung mulai keluar.

4. Hindari makanan/minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung seperti kopi, susu, dan minuman bersoda. Untuk makanan hindari makanan berlemak, sayuran seperti sawi dan kol, nangka, kedondong atau buah yang dikeringkan.

Jangan makan makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah antara lain cokelat, makanan yang tinggi lemak dan gorengan. Beberapa sumber karbohidrat seperti beras ketan, mi, bihun, dan jagung pun sebaiknya dihindari.

Jangan langsung tidur setelah makan agar asam lambung tidak langsung naik ke kerongkongan. Makanan dalam lambung akan lancar turun ke dalam organ pencernaan lain kalau tubuh berada dalam posisi tegak, tapi dalam posisi tidur makanan akan sulit turun dan dikhawatirkan asam lambung yang naik akan menyebabkan iritasi pada lambung.

5. Jalan santai selama 30 menit hingga berkeringat dan rutin dilakukan setiap hari.

6. Saya belum tahu apakah kunyit putih, bers kencur dan telur ayam kampung bisa menyembuhkan maag. Tapi, dalam menggunakan herba sebaiknya kita harus tahu komposisi yang tepat dari masing-masing herba. Karena, komposisi yang salah bisa menyebabkan lambung makin parah. Produk HPA untuk Maag adalah Radix dan Herba Tuju Angin.

7. Boleh, dalam jumlah yang terbatas. Gorengan menghasilkan lemak jenuh yang menjadi salah satu penyebab berkurangnya fungsli liver.

No comments: