Tuesday, September 19, 2006

Mengapa Gula Darah Belum Turun?


Assalamualaikum Pak Toto,

Saya penderita diabetes, sebelumnya saya pernah konsultasi ke bapak melalui forum ini dengan judul "Obat Herba untuk Diabetes" tanggal 27 Jan 2006.

Atas saran bapak, saya kemudian mengkonsumsi Plantisol, Spirulina dan Teh Herba sesuai dengan dosis dan diminum 30 menit sebelum makan. Dan sudah saya lakukan selama 5 bulan. Lalu setiap bulannya saya lakukan pemeriksaan gula darah sewaktu, tetapi gula darah saya tetap tinggi (antara 200 s/d 260).

Pertanyaannya adalah, kenapa belum ada penurunan berarti pada gula darah saya? Apakah dosis yang saya konsumsi kurang tepat? Mohon penjelasannya, Pak Toto. Terima kasih.

Wassalamualaikum,

Nanang

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Nanang Yth.,

Ada beberapa hal yang menyebabkan gula darah masih belum turun kendati sudah mengonsumsi Plantisol, Spirulina dan Teh Herba selama 5 bulan, yakni dosisyang kurang memadai, kurangnya penatalaksanaan makanan dan masalah olahraga.

Sayangnya anda tidak menjelaskan berapa dosis yang anda minum setiap harinya. Cobalah ditambah dosis Plantisol menjadi 2 x 3, sementara Spirulina dan Teh Herba tetap. Jika anda ingin menambah dengan jenis herba lain, bisa ditambah dengan Mengkudu. Herba ini berkhasiat untuk menurunkan diabetes tipe 1 dan 2.

Masalah makanan pun perlu diperhatikan, terutama terhadap makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Misalnya, menyantap nasi yang masih panas. Nasi yang masih panas mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi dibanding dengan nasi dingin kendati dalam porsi yang sama. Tingginya karbohidrat bisa memicu naiknya kadar gula dalam darah.

Diet dalam makanan dan minuman bagi penderita diabetes memang perlu dilakukan. Hal ini bukan berarti anda tidak boleh memakan yang manis-manis. Anda boleh menambah pemanis dalam minuman anda, tapi pemanis tersebut harus mudah larut di dalam usus, misalnya madu.

Olahraga memegang peranan yang cukup penting, terutama untuk menjaga kelancaran darah. Dengan kata lain, olahraga bisa menghindari terjadinya pengentalan darah di dalam pembuluh darah. Pengentalan darah akan menyebabkan ginjal bekerja ekstra keras untuk menyaring racun dan sampah yang masuk ke dalam pembuluh darah. Jika dibiarkan, lama-kelamaan dibiarkan bekerja keras, bisa membuat berkurangnya fungsi ginjal.

Hal lain yang menyebabkan herba tidak berkesan adalah sebagai berikut:

1. Mindset, keadaan terpaksa dan ragu-ragu, serta tidak yakin bahwa herba yang diminum akan menyembuhkan penyakit.

2. Stres yang berkepanjangan. Stres yang lama menyebabkan tubuh mengeluarkan bahan kimia tertentu yang menghalangi penyerapan dan tindakan pengobatan dengan herba.

3. Kurang banyak minum air. Hal ini menyebabkan herba tidak dapat diserap dengan baik. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk banyak minum, minimal 2 liter per hari.

4. Pemakaian yang tidak kontinyu. Kebanyakan pasien enggan untuk mengonsumsi setiap hari. Padahal, herba mempunyai daya kerja yang lambat dan memerlukan jangka waktu tertentu untuk melakukan proses pemulihan.

5. Cara minum yang salah. Kendati sudah minum 30 menit sebelum makan, tapi sering dilakukan minum bersama obat-obat dokter lainnya yang menyebabkan terjadinya ikatan kimia yang tidak bisa diuraikan dan kemudian langsung dibuang oleh tubuh melalui air seni.

No comments: