Wednesday, September 13, 2006

Mengatasi Keloid


Assalaamu'alaikum wr. wb.

Sewaktu duduk di bangku SMA saya terkena cacar. Setelah cacar tersebut sembuh, ada sisa cacar yang tumbuh menjadi keloid. Keloid tersebut menimbulkan rasa nyeri dan gatal. Penyakit ini sudah saya obati dengan cara suntik di dokter spesialis kulit. Memang sempat mengempis dan tidak lagi menimbulkan rasa nyeri dan gatal. Namun keloid itu sekarang tumbuh kembali dan saya kembali merasa gatal dan nyeri pada keloid tersebut. Adakah obat yang dapat saya konsumsi untuk mengobati keloid?

Ninik

Jawaban

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

Saudari Ninik Yth.,

Keloid merupakan pertumbuhan proliferatif pada jaringan fibrosa, yang muncul di atas kulit yang mengalami cedera atau parut, di atas luka operasi. Biasanya meninggalkan bekas satu parutan. Tapi, bila lebih dari satu parut, maka dinamakan keloidosis.

Keloid termasuk penyakit langka dan tidak hinggap di semua orang. Karena itu, penyebabnya hingga kini belum diketahui secara pasti. Seseorang baru dikatakan menderita keloid, bila setelah mengalami luka ringan, gigitan serangga, suntikan atau jerawat, luka tersebut bukan menutup sempurna malah meninggalkan bekas.

Keloid sendiri berupa seperti benjolan licin, berwarna pink dan bentuknya menyerupai kubah. Sepintas, keloid seperti tidak berbahaya, tapi justru sebenarnya malah bisa menimbulkan rasa gatal dan ukurannya bisa lebih besar dari luka itu sendiri. Meski demikian, keloid ini lama kelamaan bisa memudar sendiri.

Jaringan parut ini bisa terbentuk di setiap bagian tubuh, tapi lebih banyak ditemukan di bagian dada atas dan bahu. Kendati belum ada satu pun obat atau terapi yang bisa menyembuhkan keloid, namun anda tidak usah kuatir, karena keloid tidaklah berbahaya, hanya meninggalkan bekas yang membuat kita kurang pede saja.

Karena jaringan keloid sangat sensitif terhadap sinar matahari, sebaiknya jika anda berada di luar rumah, gunakanlah krem pelindung matahari (sunblock) agar parutan keloid itu tidak tambah berkilau dan melebar.

Anda dapat mencoba menggunakan herba seperti Mengkudu, Cosicinium Plus dan Teh Herba. Caranya, minumlah Mengkudu dan Coscinium 2 kapsul pagi dan malam 30 menit sebelum makan bersama Teh Herba yang telah diseduh di cangkir, dan diminum ketika hangat.

No comments: