Tuesday, September 19, 2006

Kanker Hati


Assalamu'alaikum Pak,

Ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan

1. Adakah obat herbal untuk menyembuhkan penyakit kanker hati stadium 4?

2. Apakah dengan mengkonsumsi buah merah seminggu sekali/1 sendok makan dan dengan mengkonsumsi VCO 3 sendok makan sehari dapat membantu dalam menyembuhkan penyakit kanker?

3. Apakah penyakit kanker stadium 4 ada kemungkinan untuk disembuhkan?

Mohon kiranya diberikan penjelasan mengenai hal ini Pak, atas penjelasannya saya mengucapkan terima kasih.

Wassalam,

Piet

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudari Efida Yth.,

Kanker terjadi akibat adanya perubahan sel yang melepaskan diri dari mekanisme pengaturan normal. Kanker itu sendiri merupakan istilah yang menggambarkan keadaaan suatu penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan sel yang tidak terkendali secara normal yaitu multiplikasi dan menyebar.

Multiplikasi sel merupakan keadaan normal pada masa pertumbuhan atau proses regenerasi. Akan tetapi bila faktor yang mengontrol pembelahan sel tidak lagi berfungsi dengan normal maka keadaan ini yang disebut penyakit kanker.

Pada penderita kanker sering disertai adanya kaheksia yaitu suatu sindroma yang ditandai dengan gejala klinik berupa anoreksia, perubahan ambang rasa kecap, penurunan berat badan, anemia, gangguan metabolisme karbohitdrat, protein dan lemak.

Kanker berawal dari kerusakan materi genetika atau DNA (deoxyribo nuclead acid) sel. Satu sel saja yang mengalami kerusakan genetika sudah cukup untuk menghasilkan suatu jaringan baru, sehingga kanker disebut juga penyakit seluler.

Oleh karena itu, kanker bukanlah penyakit infeksi yang terjadi karena kuman, melainkan tumbuh dari sel-sel organ itu sendiri yang mengalami mutasi genetis. Mutasi genetis tersebut menyebabkan sel tumbuh tidak normal dan bersifat destruktif, yakni tidak mengikuti aturan hukum-hukum pertumbuhan dan cenderung merusak.

Kanker bisa tumbuh di mana saja di dalam tubuh, termasuk di hati. Namun, dengan catatan, tidak semua sel kanker dapat tumbuh secara progresif di tempat lain. Hal ini disebabkan oleh adanya pertahanan tubuh (sistem imuniti) yang kuat dan juga syarat untuk tumbuh di tempat yang baru tidak di dapati seperti tidak adanya zat karsinogen dan oksidasi oleh oksidan, misalnya radikal bebas.

Sedangkan kanker hati adalah bila sel kanker berkembang pada jaringan hati. Kanker hati yang banyak terjadi adalah Hepatocellular carcinoma (HCC). HCC merupakan komplikasi akhir yang serius dari hepatitis kronis, terutama sirosis yang terjadi karena virus hepatitis B, C dan hemochromatosis.

Pemicu terjadinya kanker hati adalah pengerasan hati (sirosis hati) yang semakin kronis dan tidak terobati secara total, sehingga membuat peluang sel-sel kanker untuk hidup dan menyebar mengepung hati serta membuat hati tidak berfungsi sama sekali.

1. Produk HPA ada yang bisa mengatasi masalah kanker, yaitu Shark Cartilage dan Mahkota Dewa. Namun, belum ada testimoni dari kedua herba tersebut untuk kanker stadium 4, namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Ada herba lain, yaitu Keladi Tikus, herba asli Indonesia ini mampu mengatasi berbagai jenis kanker pada beberapa tingakatan stadium. Tapi, untuk mencari herba ini sangat sulit.

2. Saya kira, Buah Merah dan VCO tidak akan memberi efek yang berarti, bila kanker sudah mencapai stadium lanjut. Idealnya, kedua herba tersebut sangat bagus untuk mencegah kanker, jika pun bisa menyembuhkan hanya khusus untuk kanker yang baru pada stadium dini saja.

3. Secara klinis, kanker yang sudah mencapai stadium 4 susah diobati. Karena penyebarannya sudah semakin jauh, dan mungkin sudah menjalar ke organ-organ lainnya. Tapi, yang menyembuhkan bukanlah obat, tapi Allah. Karena itu, banyak-banyaklah berdoa kepada Allah, hanya Dialah yang Maha Penyembuh.

"Allah yang menurunkan penyakit, Allah juga yang menurunkan obatnya. Karena itu, berobatlah kalian, tapi jangan menggunakan barang-barang yang haram." (al-hadist)

No comments: