Tuesday, September 19, 2006

Darah Haid Tidak Banyak


Assalaamualaikum

Terima kasih sebelumnya saya ucapkan. Saat ini saya ingin bertanya seperti surat yang telah lalu bahwa saya menyampaikan badan saya termasuk kurus. Apakah itu salah satu penyebab darah haid saya sangat sedikit? Haid saya terbilang tepat waktu namun quantity darahnya tidak banyak. Hanya hari pertama dan kedua saja. Hari-hari selanjutnya hanya berupa noda saja dan berlangsung dalam waktu yang normal.

Seingat saya beberapa tahun yang lalu, darah haid saya biasa-biasa saja. Tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Terbesit ketakutan di benak saya saat ini, apakah semua ini normal? Dan apakah ini semua tidak menghambat saya untuk dapat hamil? Adakah obat herba yang bisa melancarkan darah haid saya lagi?

Rumah saya di daerah Depok, di manakah tempat yang terdekat untuk dapat saya mencari toko obat herba. Mohon bantuannya dan saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

Wassalamualaikum,

Atikah Sari

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudari Atikah Sari Yth.,

Haid adalah suatu keadaan fisiologi yang tetap dan teratur yang dialami kaum perempuan sejak akil baligh hingga menjelang menopouse (putus haid). Masa berlaku haid pada setiap wanita berbeda-beda, ada yang 3-5 hari, bahkan ada yang haid hingga satu minggu lamanya.

Semasa haid dikenal juga sebagai masa ritme reproduksi perempuan yang dicirikan dengan keluarnya hormon estrogen dan progesteron yang diperlukan untuk tempat persiapan berkembangnya sel telur. Corak ritme ini disebut sebagai siklus haid. Perbedaan siklus tergantung pada umur, termasuk pula banyak sedikitnya darah haid yang keluar juga bisa berbeda pada setiap perempuan.

Siklus haid bagi yang masih gadis berkisar 6.6 hari. Namun, setelah menginjak masa menopouse atau putus haid bisa menjadi 6 hari. Sedangkan bagi perempuan yang sehat masa haidnya bahkan bisa kurang dari empat hari. Jumlah rata-rata darah yang keluar semasa haid adalah 70 ml. Jumlah itu akan bertambah bila usianya kurang dari 35 tahun. Kisaran normal darah yang keluar semasa haid antara 60 hingga 200 ml.

Masalah sedikit banyaknya darah haid yang keluar bisa disebabkan karena beberapa faktor. Misalnya, faktor kejiwaan, terlalu lelah karena sibuk bekerja, stres, penggunaan alat atau obat KB. Juga, keadaan hormon yang tidak seimbang juga bisa menyebabkan pendarahan lebih sedikit.

Insya Allah, yang anda alami normal-normal saja. Bisa tidaknya anda hamil bukan disebabkan oleh darah haid yang sedikit, melainkan faktor kesehatan sistem organ reproduksi anda secara keseluruhan dan keseimbangan hormon.

Di samping itu, ketidakteraturan tersebut bisa disebabkan oleh keadaan hormon yang tidak seimbang. Ketidakteraturan ini dapat berupa siklus yang lebih pendek, jarak haid yang tidak teratur, atau perdarahan yang banyak.

Produk HPA untuk masalah wanita adalah Paramaria Plus, Teh Herba dan Madu. Ketiga herba tersebut sangat baik untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita, termasuk melancarkan haid dan mencegah tumbuhnya tumor bagi wanita yang terindikasi mempunyai fibroid yang menjadi cikal bakal kista.

Cara pemakaiannya, 3-4 kapsul Paramaria per hari, bisa diminum sekaligus atau dicicil untuk pagi dan malam. Sebaiknya diminum bersama Teh Herba yang telah diseduh di cangkir dan diberi 2 sendok teh madu, lalu diaduk hingga rata, baru kemudian diminum. Waktu terbaik adalah 30 menit sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

Di Depok, anda bisa mengunjungi Klinik Daarussyifa, Jalan Raya Bogor KM 29,6, Cimanggis, Depok. Telp: 021-8708065

No comments: