Wednesday, September 20, 2006

Mengatasi Keputihan


Assalammualaikum,
Saya ibu rumah tangga berusia 26 tahun,dan belum mempunyai keturunan. Saya sudah menjalani hidup berumah tangga selama 10 bulan. Saya mempunyai keluhan dengan kemaluan saya. Saya selalu mengalami gata-gatal yang disebabkan oleh keputihan berlebihan. Saya sudah coba berobat ke dokter dan juga berobat dengan daun sirih tetapi tetap saja tidak ada perubahan. Oleh karena itu saya mohon solusi dari bapak apakah ada jenis terapi herba yang dapat menyembuhkan penyakit saya ini.

Faradilla
fadila_idham at eramuslim.com

Jawaban

Waalaikumsalam Wr.Wb

Pada kondisi yang normal, vagina dapat mengeluarkan cairan yang berasal dari rahim. Umumnya cairan yang keluar sedikit, jernih, dan tidak berbau. Jika cairan (bukan darah) yang keluar dari vagina berlebihan, keadaan tersebut disebut keputihan.

Keputihan atau leukhorhea ditandai dengan keluarnya lendir berwarna putih dan pekat dari kemaluan wanita. Biasanya berbau busuk dan menyebabkan gatal-gatal. Wanita yang mengalami keputihan sering terlihat merasa letih, wajahnya pucat dan emosinya tidak stabil alias mudah marah. Keputihan juga dapat menyebabkan rahim wanita menjadi kendur dan menurunkan gairah seksual.

Penyebab keputihan antara lain: infeksi oleh mikroorganisme (jamur Candida albicans, bakteri Neisseria gonorrhoea, parasit Trichomonas vaginalis), gangguan keseimbangan hormon, stres dan kelelahan kronis, peradangan alat kelamin, benda asing dalam vagina, atau merupakan gejala adanya penyakit dalam organ kandungan seperti kanker rahim, dan sebagainya.

Ketika ibu memeriksakan diri ke dokter, apakah sudah melakukan pemeriksaan pap-smear? Jika belum, sebaiknya ibu melakukan pemeriksaan itu di dokter kandungan atau dokter umum. Pemeriksaan pap-smear terkait dengan masalah organ dalam wanita yang bisa menjadi pemicu keputihan.

Melakukan terapi dengan daun sirih merupakan langkah yang tepat, karena daun sirih yang mengandung tanin sangat bagus untuk mengurangi sekresi pada liang vagina. Caranya, 15 lembar daun sirih dicuci dan direbus dengan 2 liter air hingga mendidih, hangat-hangat airnya digunakan untuk mencuci vagina beberapa kali sehari.

Di samping pengobatan luar dengan daun sirih, perlu juga dilakukan terapi dengan meminum air rebusan sambiloto yang dicampur dengan kunyit dan kulit delima. Caranya, 15 gram kulit delima kering + 10 gram sambiloto kering + 20 gram kunyit (diiris-iris), dicuci bersih lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring, airnya diminum 2 kali sehari.

Produk HPA untuk keputihan adalah: Keputihan; Health B; Paramaria Plus dan Madu.

No comments: