Thursday, September 21, 2006

Mengatasi Sulit Tidur


Assalamualaikum,

Saya selama ini mengalami susah tidur. seringkali malah tidak bisa tidur sama sekali. Padahal sebenarnya mengantuk, tetapi tetap tidak bisa tidur. apakah itu suatu penyakit? Bagaimana mengatasinya? Terima kasih atas penjelasan yang diberikan.

Wassalamu'alaikum,

Nana
nana_chuek at eramuslim.com

Jawaban

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

Tidur bagi manusia adalah hal yang sangat penting, karena tidur mengendalikan irama kehidupan kita sehari-hari. Jika kita kurang tidur atau mengalami gangguan dalam tidur, maka hari-hari kita akan menjadi lambat dan kurang bergairah. Sebaliknya tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu kita memiliki energi dan gairah dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Setiap manusia menghabiskan seperempat sampai sepertiga dari kehidupannya untuk tidur.

Sebenarnya, penyakit insomnia (susah tidur) bukan ditentukan dari berapa lama waktu tidur, melainkan lebih pada kualitas tidur, yaitu apakah kita benar-benar bisa beristirahat saat tidur. Sebenarnya orang dewasa hanya perlu tidur 6-8 jam sehari, sedangkan pada anak-anak harus lebih dari 6-8 jam sehari. Setiap orang sekali waktu pasti pernah mengalami susah tidur. Namun, akan menjadi masalah bila terjadi setiap malam selama 3 minggu secara berturut-turut. Seseorang baru dikatakan menderita insomnia bila ia mengalami kesulitan tidur nyenyak, sering terbangun di malam hari, sering bangun terlalu pagi dan susah untuk tidur kembali, rasa kantuk atau lelah di siang hari.

Kurang tidur juga dapat melemahkan sistem pertahanan tubuh terhadap serangan penyakit, terutama virus. Kurang tidur ataupun sedikit tidur akan menurunkan respon kekebalan tubuh. Kondisi ini menyebabkan ketahanan tubuh kita terhadap kuman penyakit seperti virus, bakteri dan lain-lain akan menurun drastis. Daya tahan tubuh yang lemah membuat kita mudah terserang penyakit. Penyakit seperti flu dan infeksi saluran nafas biasanya akan menyerang pertama kali.

Penyebab insomnia bermacam-macam. Misalnya: Pergi tidur dalam keadaan perut kosong, atau bahkan perut penuh dengan makanan yang susah untuk dicerna; Karena adanya gangguan penyakit lain, seperti: rematik, flu, sakit gigi, operasi, patah tulang, dan lain-lain; Tekanan emosi yang hebat dalam pekerjaan dan himpitan ekonomi yang menjadi salah satu penyebab terjadinya stres. Dan, terlalu lelah dalam berkerja juga bisa mengakibatkan tidur tidak nyaman atau sulit tidur.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi sulit tidur, seperti:

1. Menghindari kafein dalam segala bentuk setelah makan siang (kopi, teh, coklat, dan beberapa minuman ringan lainnya yang mengandung stimulan).

2. Mandilah yang lama dan yang senyaman mungkin dengan air hangat sebelum berangkat tidur (cara ini bisa menurunkan ketegangan otot-otot tubuh, sehingga bisa rileks sebelum tidur).

3. Pakailah pakaian yang santai dan bersih, serta longgar.

4. Bacalah buku, khususnya buku agama yang bisa memperdalam pengetahuan dan meningkatkan iman.

5. Bedo'a sebelum tidur, lalu terus berzikir hingga mata terpejam. Dengan zikir, tidak hanya kita terhindar dari gangguan syetan dan jin. Tapi juga, setelah bangun, badan akan merasa lebih segar dan pikiran tenang.

Cara alami untuk mengatasi sulit tidur adalah dengan mengkonsumsi banyak kangkung. Sesuaikan selera apakah kangkung itu akan ditumis atau dijadikan lalap. Kangkung diakui mempunyai zat sedatif (penenang/obat tidur). Karenanya, tidak heran jika kita mudah mengantuk setelah makan dalam porsi banyak dengan menu utama kangkung.

Cara lain, bisa menggunakan sejumput akar melati, dibersihkan lalu digiling. Ditambahkan air secukupnya, lalu diminum setiap hari.

Cadangan HPA untuk mengatasi susah tidur adalah Omega 3 dan Mengkudu. Dari berbagai khasiat mengkudu, salah satunya adalah mengatasi gangguan tidur, tingkat keberhasilannya sekitar 72%.

No comments: