Wednesday, September 20, 2006

Otot Mengkerut


Assalamualaikum, pak Toto.

Saudara saya ada keluhan, 9 tahun lalu ia pernah mengalami kecelakaan sehingga lengan atas di bawah bahu sampai sekarang nyeri terus, hasil ronsen tidak ada gangguan pada tulang.

Dokter mengatakan otot di sekitar lengan atas tersebut mengkerut, sampai sekarang sakitnya mulai naik ke leher, dan mata kanan, sakit kepala sudah mulai sering terasa. Kalau diberi balsem agak sedikit mengurangi keluhan, demikian juga diurut. Obat dokter juga sudah sangat lama digunakan, namun keluhan tetap saja tidak hilang.

Usianya sekitar 32 tahun. Kira-kira apa jenis penyakitnya dan terapai apa yang lebih tepat?

Terima kasih atas sarannya.

AHJ

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Hasan Yth.,

Yang dimaksud dengan otot adalah jaringan yang mempunyai kemampuan khusus yaitu berkontraksi. Dengan adanya kontraksi maka terjadilah gerakan sebagaimana yang sering kita lakukan setiap hari. Otot sendiri terdiri dari serabut silindris yang mempunyai sifat yang sama dengan sel dari jaringan lain.

Apa yang saudara anda keluhkan disebabkan adanya gangguan pada otot, terutama pada otot polos, atau yang sering disebut dengan otot tidak sadar. Otot jenis ini dapat berkontraksi tanpa rangsangan saraf, meski di sebagian besar tempat di tubuh kita kegiatan otot berada di bawah kendali saraf otonomik.

Otot ini berada pada dinding pembuluh darah dan pembuluh limfe, pada dinding saluran pencernaan dan visera (alat dalam) yang berongga, trakhea dan bronkhi, pada iris dan musculus ciliaris mata, dan otot tak sadar dalam kulit.

Karena berada di jalur limfe, maka tak mengherankan jika terasa nyeri akan naik ke leher dan mata. Kontraksi yang dilakukan otot polos ini secara otomatis akan merembet dan menjalar jaringan limfe yang ada di dalam tubuh.

Saya sendiri tidak tahu jenis penyakitnya apa, namun jika ingin mencoba terapi bisa dilakukan dengan akupresure (akupuntur tanpa jarum). Tekanan-tekanan pada akupresure menurunkan tegangan dan kontraksi pada otot polos tersebut pada sistem limfe.

Di samping itu, jika ingin menggunakan herba, bisa mengonsumsi Radix, Health B dan Minyak But-But. Cara mengonsumsinya, Radix dan Health B diminum 2 kapsul pagi hari dan 2 pada malam hari, diminum 30 menit sebelum makan atau 2 jam setelah makan.

Karena Radix bersifart melancarkan air seni, dianjurkan saudara anda banyak minum air putih agar tidak terjadi dehidrasi pada tubuhnya. Lalu, minyak But-But bisa dioleskan pada tulang yang sakit setelah minyak dipanaskan di atas sendok makan dengan lilin atau korek api. Lakukan hal ini pada pagi hari dan saat mau tidur malam.

No comments: