Wednesday, September 20, 2006

Obat Herba untuk Diabetes


Assalaamu'alaikum wr wb

Empat bulan terakhir saya dinyatakan menderita diabetes,dengan kadar gula darah stabil (pemeriksaan LAB setiap bulan) yaitu puasa 110-125 dan tidak puasa 200-225, yang saya mau tanyakan adakah obat herba yang cocok untuk saya?

Terima kasih.

Wassalam,

Nanang Kosim
anank at eramuslim.com

Jawaban

Waalaikumsalam Wr.Wb

Penyakit Diabetus Melitus atau kencing manis adalah penyakit yang ditandai dengankadar glukosa darah yang melebihi normal (hiperglikemia) akibat tubuh kekurangan insulit baik absolut maupun relatif.

Dikatakan absolut karena kadar insulin di dalam darah penderita memang di bawah normal. Sedangkan yang dimaksud dengan relatif adalah kondisi kadar insulin masih tergolong normal tapi tidak efektif, sehingga menunjukkan gejala kekurangan insulin.

Tingkat kadar glukosa darah menentukan apakah seseorang menderita DM atau bukan bisa dilihat dari tabel di bawah ini:

Kadar Glukosa Bukan DM Belum Pasti DM DM
Plasma Vena <> 100-200 mg/dl > 200 mg/dl
Plasma Kapiler <> 100-100 mg/dl > 200 mg/dl

Sel-sel memerlukan insulin agar gula yang ada di dalam darah dapat masuk ke dalam sel dan dipakai sebagai sumber energi. Bila jumlah insulin kurang, tentu saja gula tidak dapat diserap ke dalam sel dan tetap beredar di dalam darah. Akibatnya kadar gula darah menjadi tinggi. Penderita yang mengalami keadaan ini disebut sebagai penderita DM tipe I.

Ada keadaan lain di mana jumlah insulin sebenarnya cukup, atau berkurang sedikit, tapi sel-sel tubuh tidak dapat memanfaatkannya secara baik. Keadaan ini disebut resistensi insulin. Penderita yang mengalami resistensi insulin dan atau defisiensi insulin relatif disebut sebagai penderita DM tipe II.

Selain kedua tipe tersebut, sesungguhnya masih ada tipe-tipe lain seperti diabetes gestasional (diabetes pada kehamilan). Walaupun berbeda-beda tipe, para penderita ini memiliki kesamaan yaitu kadar gula yang tinggi dalam darah. Dari semua tipe DM yang ada, DM tipe II memiliki jumlah penderita terbanyak.

Ada beberapa keluhan yang sangat dikenali sejak zaman dahulu kala dan dianggap sebagai keluhan yang khas yaitu banyak kencing (poliuria), banyak minum (polidipsia), banyak makan (polifagia) dan berat badan yang menurun dengan cepat.

Selain keluhan-keluhan di atas, masih banyak keluhan (yang sebenarnya tidak spesifik) yang dihubungkan dengan penyakit kencing manis. Keluhan-keluhan itu misalnya sering bisulan, gatal-gatal pada kulit dan kemaluan, keputihan, cepat lelah, sering mengantuk, kesemutan dan lain-lain. Gejala-gejala ini memang berhubungan dengan penyakit kencing manis yang diderita.

Dari hasil lab yang menunjukkan puasa 110-125 dan tidak puasa 200-225, sebenarnya tergolong tinggi. Tapi, sayang bapak tidak menyebutkan berapa usia dan berat badan bapak. Karena kedua, hal tersebut, bisa mempengaruhi kadar gula dalam tubuh.

Ada beberapa cara untuk menurunkan kadar gula yang efektif adalah dengan melakukan puasa sunnah, baik itu puasa Senin Kamis atau puasa Nabi Daud. Puasa ini tidak hanya menetralisir racun dalam tubuh, tapi juga sekaligus merekonstruksi organ-organ dan sel-sel yang sudah rusak, termasuk pankreas, tempat di mana insulin dibuat.

Melakukan tatalaksana makanan, dalam hal ini diet yang dikelola dengan nutrisi berimbang sangat bermanfaat untuk menurunkan kada gula. Ada baiknya bapak berkonsultasi ke bagian gizi untuk memperoleh informasi mengenai nutrisi berimbang.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah olahraga teratur selama 30 menit setiap hari. Olahraga paling mudah dan murah, jalan kaki misalnya, sangat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya pembekuan darah dalam pembuluh darah, yang tentunya sangat berbahaya jika hal ini terjadi.

Herba atau tanaman obat yang cocok untuk kencing manis adalah: Brotowali, lidah buaya, mahoni, Salam, Sambiloto, Mengkudu, Asam dan Kumis Kucing. Bila ingin menggunakan lidah buaya bisa langsung dimakan dagingnya setelah dikupas lebih dahulu atau dibuat jus. Sedangkan tanaman yang lain, harus direbus, lalu diminum airnya. Bisa dicampur dua atau tiga tanaman sekaligus.

Untuk produk dari Herba Penawar Alwahidah (HPA) bisa menggunakan: Plantisol, Teh Herba dan Spirulina

No comments: