Tuesday, September 19, 2006

Sinusitis pada Anak


Assalamu'alaikum.

Saya punya anak terkena sakit sinusitis, sebenarnya sinusitis itu apa? Bagaimana penyakit ini bisa sembuh? Sudah diperiksa di THT dan pernah dilakukan pencucian dan meminum obat resep dokter yang ada antibiotiknya. Bagaimana biar penyakit ini bisa sembuh, dan harus ke mana saya bawa anak saya? Terima kasih sebelumnya.

Wassalam,

otos

Doele Otos
otos at eramuslim.com

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Otos Yth.,

Sinusitis adalah peradangan saluran pada rongga tengkorak yang menghubungkan hidung dan rongga mata. Kata sinusitis itu sendiri berasal dari bahasa Latin, yaitu sinus yang artinya cekungan dan akhiran itis yang berarti radang.

Sinus adalah rongga-rongga di sekitar hidung yang mengalirkan lendir ke rongga hidung. Cairan ini selalu berproduksi. Dalam keadaan normal aliran ke rongga hidung tidak terasa. Karena beberapa sebab, rongga-rongga ini bisa tersumbat sehingga cairan tidak bisa keluar atau mengalir ke rongga hidung. Akhirnya cairan atau lendir terkumpul di rongga-rongga ini, di antaranya di pipi dan dahi.

Pada sinus yang meradang terjadi pembentukan sekret atau cairan serta nanah. Penyebab dari sinusitis adalah infeksi pada rongga sinus, bisa bakteri, virus atau jamur. Kuman yang paling sering adalah Streptococcus pneumoniae dan Haemophilus influenzae yang ditemukan hampir pada 70 persen kasus. Bisa pula karena adanya polip di hidung atau adanya infeksi di gigi.

Sumbatan atau peradangan pada rongga atau sinus paranasal (sekitar hidung) juga bisa disebabkan oleh flu, infeksi saluran pernafasan atas, dan alergi. Debu, asap kendaraan, dan polusi bisa menjadi iritan artinya merangsang timbulnya ingus tetapi bukan penyebab sinusitis.

Cara membuang ingus yang salah dapat menjadi salah satu penyebab sinusitis karena sebagian dari ingus yang harusnya keluar malah masuk ke rongga dan akibatnya menjadi susah dikeluarkan kembali. Alergi dapat memperberat penyakit ini sehingga orang yang memang telah mengidap alergi akan lebih mudah terkena radang sinus.

Sinusitis juga ada kaitannya dengan asap rokok karena hawa panas yang dihisap akan merangsang organ-organ di sekitar hidung sehingga bisa menimbulkan iritasi dan kemungkinan timbulnya sinusitis menjadi lebih besar. Perubahan temperatur dan kelembaban yang sangat mencolok mungkin juga mengakibatkan peradangan di dalam hidung, dan hal ini mungkin merambat sampai ke dalam sinus.

Gejala sinusitis didahului oleh pilek yang berlangsung lama sehingga dianggap biasa. Bila sudah terjadi penumpukan cairan dalam rongga, maka kepala menjadi sakit terutama bila ditundukkan. Sakit kepala karena penyakit sinus biasanya terasa di dahi dan di belakang mata, atau di muka tepat di bawah mata. Kadang telinga menjadi agak kurang pendengarannya. Badan menjadi meriang dan sementara ingus terus mengalir. Penderita dapat kehilangan nafsu makan dan lemah indera penciumannya.

Umumnya penyakit ini bisa sembuh dengan cepat jika dirawat dengan baik. Tetapi, ada juga yang sampai pada taraf menahun. Bila dibiarkan, infeksi dapat menjalar ke bagian kepala yang lain sehingga perlu penanganan yang memadai, seperti operasi, untuk mengeluarkan endapan cairan dari dalam rongga. Operasi diperlukan hanya dalam kondisi akut untuk membuat irigasi guna membuka saluran rongga dan sekaligus mengeluarkan cairan yang terjebak tersebut.

Kendati sudah dilakukan operasi, tapi sinusitis bisa kambuh kembali, terutama kalau penyebabnya adalah alergi yang sifatnya keturunan. Karena itu, anggapan sebagian masyarakat bahwa penyembuhan penyakit ini harus dengan tindakan operasi adalah salah. Karena, sinusitis bisa sembuh sendiri atau bisa diobati dengan antibiotik atau dekongestan untuk menghilangkan pembengkakan.

Walaupun umum dan banyak ditemukan, penyakit ini tidak boleh diabaikan karena cairannya bisa masuk ke otak, dan dapat menyebabkan komplikasi seperti asma, bronchitis, dan infeksi pada mata. Pada radang sinus yang hebat, bagian dalam pada hidung kelihatan sembab (oedemateus) dan merah, serta ditutupi dengan selaput nanah yang tipis.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meringankan gangguan sinus seperti:

1. Menjaga kebersihan kamar dan rumah agar terbebas dari alergen (hal-hal yang menyebabkan alergi).

2. Perbanyak mengonsumsi madu, selain mengandung vitamin C cukup tinggi, juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Bila di sekitar wajah terasa nyeri, kompreslah dengan air hangat, memakai handuk kecil atau waslap.

4. Mandilah dengan air hangat, saat mandi usap dengan lembut bagian dahi, hidung dan dagu dengan waslap.

Produk HPA untuk mengatasi masalah sinusitis adalah Coscinium Plus, Mengkudu dan Madu. Cara minumnya, 2 kapsul pagi dan malam untuk ketiga herba tersebut, diminum 30 menit sebelum makan

No comments: