Thursday, September 21, 2006

Cara Mengatasi Kantuk


Assalamualaikum.


Pak saya mau menanyakan, bagaimana cara mengatasi kantuk yang berlebihan. Dan apakah hal itu di timbulkan suatu penyakit (mata sudah tidak normal ) atau apa? Namun sebelumnya untuk mengatasinya saya hanya memperbanyak minum kopi saja. Terima kasih

Flya Indah
flya121 at eramuslim.com

Jawaban

Waalaikumsalam Wr.Wb

Mengantuk merupakan gejala biasa, namun bisa menjadi tidak biasa bila itu berlebihan. Penyebabnya bukan karena ada yang salah dengan mata. Bola mata hanya mendapat isyarat dari otak, sedangkan otak mendapat sinyal dari salah satu organ di dalam tubuh yang mengindikasikan bahwa ada yang tidak beres pada salah satu organ di tubuh anda.

Sebaiknya anda periksa ke laboratorium untuk mengecek kadar hemoglobin (hb). Pada pria dikatakan menderita anemia bila kadar hbnya kurang dari 14/dl. Sedangkan pada wanita kadar hb kurang dari 12g/dl.

Anemia bisa diakibatkan oleh bermacam-macam sebab, antara lain: penurunan produksi sel darah merah (misalnya anemia defisiensi) dan peningkatan penghancuran sel darah merah (misalnya anemia karena perdarahan).

Hal lain yang bisa menyebabkan mengantuk adalah terganggunya sistem pencernaan di usus besar (kolon). Gangguan ini biasanya berbentuk sembelit. Sembelit adalah suatu keadaan di mana seseorang mengalami kesulitan melakukan buang air besar (BAB) yang disebabkan oleh adanya penumpukan atau penyumbatan usus oleh sisa-sisa makanan.

Seseorang yang tidak melakukan BAB lebih dari 14 jam kemungkinan besar mengalami sembelit. Namun, tidak ada jaminan bila melakukan BAB tiga kali sehari dikatakan terbebas dari sembelit.

Cara mendeteksi adanya sembelit atau tidak dapat dilihat melalui telapak tangan: bila garis-garis yang ada di telapak tangan dan ruas seluruh jari berwarna gelap, mengindikasikan adanya masalah sembelit. Jika jari telunjuk dan jari tengah direntangkan terasa sakit, juga mengindikasikan adanya sembelit. Sedangkan masalah usus besar bisa dilihat pada keadann ibu jari atau jari kelingking yang bengkok.

Bila anda mengantuk, ada cara mudah untuk mengatasinyam, yaitu dengan melakukan senam ringan, misalnya dengan melakukan push up dengan bersandar pada tembok atau meja. Cara lain, dengan bertepuk tangan, lakukan tepuk tangan dari pelan kemudian cepat dan semakin cepat, lalu kembali ke tepukan pelan lagi. Dan lakukan sebanyak dua atau tiga kali. Manfaat dari bertepuk tangan selain bisa menghangatkan badan dan mengembalikan stamina, juga terjadi proses detoksifikasi (membuang racun). Setelah bertepuk tangan, anda akan merasa segar kembali.

Untuk mengatasi masalah mengantuk yang disebabkan oleh anemia, bisa mengkonsumsi Spirulina. Atau memakai Herba Tuju Angin dan Pelawas untuk mengatasi sembelit. Jika anda gemar minum kopi, bisa menyeruput kopi Radix. Semua herba tersebut adalah produk dari Herba Penawar Al-Wahidah (HPA).

No comments: