Tuesday, September 19, 2006

Penumbuh Rambut


Assalamu'alaikum,

Pak, saya ingin tanya, ada nggak sejenis tumbuhan yang bisa menumbuhkan rambut? Keponakan saya (usia 12 tahun) luka pada bagian kepala, entah bisa mengakibatkan kebotakan, licin sekali, khawatir tidak tumbuh lagi rambutnya. Terima kasih.

Fauzi

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Fauzi Yth.,

Pada dasarnya, rambut merupakan pelengkap kulit yang tumbuh dari folikel rambut. Di dalam folikel rambut inilah terdapat akar rambut, sedangkan bagian yang keluar disebut juga batang rambut.

Bila rambut bisa muncul di atas permukaan kepala dikarenakan adanya otot polos kecil yang dikenal dengan nama erektor pilorum atau penegak rambut, serta adanya kelenjar sebaseus yang mengeluarkan sekret yang disebut sebum sehingga kulit kepala menjadi empuk dan halus.

Bila kulit kepala masih mempunyai pori-pori sebagaimana di bagian kulit-kulit lainnya, maka kemungkinan rambut untuk tumbuh masih cukup besar karena melalui pori-pori itulah otot polos kecil menegakkan batang rambut agar keluar ke permukaan kepala.

Namun, bila ada bagian kulit kepala yang sudah tidak mempunyai pori-pori lagi (pitak, licin) di permukaannya, peluang untuk ditumbuhi rambut, secara teoritis kecil sekali. Karena permukaan kulit kepala yang licin telah menutup jalan batang rambut untuk keluar.

Memang, hingga kini belum ada terapi yang dapat mengatasi hal tersebut. Cara yang paling sederhana adalah dengan menutupi pakai topi atau wig (rambut palsu). Sementara, herba-herba yang ada, lebih bertujuan untuk mengatasi rambut rontok atau menyuburkan rambut.

Namun, tidak ada salanya bila anda ingin mencoba Tonic Pandan, karena herba ini mengandung minyak zaitun sangat baik untuk mengatasi berbagai penyakit rambut tersebut ubanan yang diakibatkan karena pigmen. Tapi, untuk kasus anda, saya belum pernah memperoleh testimoninya.

No comments: