Wednesday, September 20, 2006

Tangan Berkeringat


Assalamu a'laikum wr. wb.

Bapak Totoyang terhormat, saya memiliki keluhan kaki dan tangan saya sering berkeringat. Ini sudah saya alami sejak kecil. Apakah ini karena keturunan sebab adik saya serta sepupu saya dari bapak juga mengalami hal yang sama. Bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih banyak sebelumnya.

Khairud-dien
khairud-dien at eramuslim.com

Jawaban

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tangan sering berkeringat merupakan salah satu bentuk sensitivitas tubuh yang berlebihan, di mana hormon kita yang berperan. Banyak penyebab yang memungkinkan terjadinya keluhan ini antara lain karena kelenjar gondok kita yang membesar.

Suhu badan diatur oleh bagian otak yang dinamakan hipotalamus, selain itu kulit ikut pula mengatur suhu tubuh dengan jalan mengeluarkan keringat bila udara terlalu panas, badan terlalu panas atau demam. Penyakit TBC paru-paru biasanya akan menimbulkan keringat di malam hari yang kadang-kadang sampai membasahi baju penderita. Orang yang dalam ketakutan atau emosi dapat mengeluarkan banyak keringat pada daerah tertentu, terutama pada telapak kaki, telapak tangan, muka dan dahi. Penyakit hipertiroid dapat juga menyebabkan banyak keringat.

Satu keluhan tersebut tidak dapat memastikan penyebabnya, mungkin bisa saja karena anda sedang stres sehingga stimulasi hormon menjadi meningkat dan timbul keringat banyak. Faktor lain yang bisa juga menyebabkan tangan mudah berkeringat, misalnya ada gangguan di jantung atau di lambung. Untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan yang agak spesifik baik oleh dokter spesialis maupun melalui pemeriksaan laboratorium. Untuk menyembuhkannya harus disesuaikan dengan penyebabnya. Kendati, bila dilihat dari keterangan anda yang mengatakan adik dan sepupu dari bapak mengalami hal yang sama, ada kemungkinan penyakit itu karena faktor genetik

Di samping itu, cobalah anda lihat pada jari kelingking dan jari tengah, bila jari-jari tersebut terlihat bengkok (tidak semestris) mengindikasikan adanya permasalahan pada organ dalam dan pembungkus jantung. Sedangkan telapak tangan berpeluh menandakan seseorang mengalami gangguan pada jantung, paru-paru, sesak nafas dan stres.

Cara tradisional yang dapat digunakan untuk mengatasi keringat berlebihan yaitu:

1 genggam beras disangrai + 10 butir angco + 10 butir biji teratai (direndam dahulu hingga lembut) + 10 butir biji pak ko/ginkgo biloba (dikupas kulitnya lalu disangrai terlebih dahulu) direbus dengan air secukupnya hingga lembut dan matang menjadi bubur lalu dimakan.

Lakukanlah secara teratur. Angco, biji teratai dan pak ko/ginkgo biloba dapat dibeli di toko obat Tionghoa.

Untuk produk HPA: Omega 3, Teh Herba dan Spirulina.

No comments: