Wednesday, September 20, 2006

Kista


Assalamuaalaikum wr. wb.

Saya mempunyai kista endometriosis bilateral dan ukurannya sudah cukup besar masing-masing 9,5 cm dan 5,5 cm dan menurut dokter USG kista tersebut berisi caian darah. Terus terang saya takut melakukan tindakan operasi. Apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan kista tersebut, karena diameter kista saya sudah cukup besar. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Wassalam

Retha
fulan13 at eramuslim.com

Jawaban

Wa'alaikumsalam Wr. Wb.

Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus oleh selaput semacam jaringan. Bentuknya kistik dan ada pula yang berbentuk seperti anggur. Kista dapat berisi udara, cairan kental, maupun nanah. Kumpulan sel-sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal di sekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Itu merupakan alasan mengapa tumor jinak relatif mudah diangkat melalui pemebedahan dan tidak terlalu membahayakan kesehatan bagi penderitanya.

Berdasarkan tingkat keganasannya, kista dibedakan menjadi dua macam, yaitu kista non-neoplastik dan kista neoplastik. Kista non-neoplastik bersifat jinak dan biasanya akan mengempis dengan sendirinya setelah dua atau tiga bulan. Sedangkan kista neoplastik umumnya harus dioperasi, namun tetap tergantung pada ukuran dan sifatnya, apakah membahayakan atau tidak.

Selain pada ovarium, kista dapat juga tumbuh di vagina dan daerah vulva (bagian luar alat kelamin wanita). Kista yang tumbuh di daerah vagina, antara lain inklusi, ductus gartner, endometriosis, dan adenosis. Sedangkan kista yang tumbuh di daerah vulva, antara lain pada kelenjar bartholini, kelenjar sebasea, serta inklusi epidermal.

Cara yang paling efektif untuk mengatasi kista yaitu dengan mengangkat kista melalui operasi. Namun, tindakan pengobatan tersebut hingga kini belum memberikan hasil yang memuaskan. Tindakan operasi pengangkatan kista tidak menjamin kista tidak akan tumbuh kembali nantinya. Selama seorang wanita masih memproduksi sel telur, maka potensi untuk tumbuh kista akan tetap ada. Namun, dengan meningkatnya pengetahuan serta kesadaran kaum wanita saat ini untuk memeriksakan organ reproduksinya merupakan langkah awal yang tepat untuk mengurangi risiko terjadinya kista.

Kami sarankan sebaiknya tetap konsultasi ke dokter, untuk membantu gunakan resep sebagai berikut:
- 50 gr temu putih + 5 gr irisan daging buah mahkota dewa kering + 10 gr sambiloto + 30 gr daun dewa + 25 gr temu hitam + 2 kuntum bunga mawar merah rebus dgn 800 cc air sisa 300 cc, saring dan airnya diminum untuk 2 kali sehari.

Catatan:
- untuk rebusan ramuan gunakan panci kaca atau panci tanah.

Untuk Produk HPA: dapat menggunakan Paramaria Plus dan Habasauda.

No comments: