Tuesday, September 19, 2006

Keanggotaan dan Biaya Pelatihan HPA


Assalamu alaikum Wr. Wb.

Saya ingin menanyakan bagaimana menjadi anggota HPA dan apakah setiap bulannya harus tutup point? Kalau sudah menjadi anggota HPA untuk mengikuti pelatihan pengobatan bekam dan lain-lain berapa biayanya dan adakah tempat magang setelah pelatihan karena kalau satu kali ikut pelatihan kan belum tentu bisa? Atas jawabanya saya ucapkan terima kasih.

Wassalam,

Ahmad Sabar

Jawaban

Waalaikumsalam Wr. Wb.

Saudara Ahmad Sabar Yth.,

Untuk menjadi anggota HPA tidaklah sulit, anda cukup mengisi biodata anda dengan lengkap plus no rekening bank anda. Keharusan untuk tutup poin dalam jumlah tertentu memang diwajibkan jika anda ingin meningkatkan posisi keanggotaan anda pada jenjang yang lebih tinggi, semisal dari AB (anggota biasa) ingin menjadi PLX (pengarah melati). Maka, salah satu persyaratan kenaikan posisi itu adalah dengan melakukan tutup poin setiap bulan sampai jumlah yang telah ditentukan. Tapi, jika anda hanya ingin menjadi anggota biasa saja dan tidak mau terlibat dengan kenaikan jabatan, ya tidak apa-apa, anda masih tetap menjadi anggota HPA.

Masalah pelatihan, sayangnya anda tidak menjelaskan di mana anda tinggal. Biasanya, HPA melakukan pelatihan di setiap kota yang dinamakan dengan program Intibah. Progam ini gratis untuk semua anggota HPA, hanya saja materi yang diberikan di tiap kota itu berbeda tidak melulu bekam, tapi bisa juga iridologi, sistem usus, perobatan jawi dan sebagainya. Untuk mendapatkan info tersebut, bisa dilihat di brosur Info HPA yang selalu keluar tiap awal bulan.

Pelatihan lainnya, ada yang bersifat integral dan bersertifikat, tapi pelatihan ini di luar HPA, namun yang menjalankannya para leader HPA, semisal Sertifikasi Herbalis, yang menawarkan program pendidikan dengan materi seperti: Pengobatan Jawi, Herbalogy, Psikologi Perawatan, Kiropraktik (perbaikan tulang belakang), Akupresure, Refleksi, Bekam, Anatomi dan Patologi.

Untuk mengikuti pelatihan ini tentu ada biayanya. Masalah biaya tergantung kepada pengelolanya. Di Darussyifa, Depok, ditawarkan Rp 350 ribu untuk 8 kali pertemuan selama 4 jam setiap pertemuan. Anda pundiperbolehkan mengulang pada mata kuliah yang kurang anda fahami secara gratis, dan pusdiklat ini pun mempunyai klinik yang memberi kesempatan kepada siswanya untuk magang atau berlatih menterapi pasien.

No comments: