Wednesday, September 20, 2006

Obat untuk Penderita Hepatitis


Assalamualaikum Wr. wb.

Apa obat penderita hepatitis yang paling baik dari HPA? Apa pantangan makanannya? Apakah menular dan bagaimana cara penularannya?

Rustam.m
moenaf_thea at eramuslim.com

Jawaban

Hepatitis berasal dari kata latin, yaitu hepato yang berarti hati dan itis bermakna radang. Sehingga hepatitis diartikan sebagai suatu peradangan pada jaringan hati. Secara populer dikenal dengan nama penyakit hati, sakit liver atau kuning.

Hati adalah organ tubuh yang mempunyai banyak fungsi, seperti untuk menyaring sari makanan dan melindungi tubuh terhadap infeksi, dan menyimpan energi penggerak otot-otot, mengatur kadar gula darah, kolesterol, hormon, dan enzim-enzim.

Penyebab penyakit hepatitis ada dua, viral dan non-viral. Yang dimaksud dengan viral adalah hepatitis yang disebabkan oleh virus. Dewasa ini, virus hepatitis yang sudah ditemukan sudah cukup banyak dan digolongkan menjadi virus hepatitis A, B, C, D, E, G, dan TT. Walaupun demikian, yang saat ini harus paling diwaspadai adalah virus hepatitis A (VHA), B (VHB), dan C (VHC) hingga G (VHG).

Sedangkan non-viral adalah hepatitis yang disebabkan oleh bakteri misalnya Salmonella typhi; parasit; obat-obatan; bahan kimia; alkohol; cacing dan gizi buruk.
Cara penularannya pun berbeda, untuk hepatitis A dan E, penularannya melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi dengan tinja penderita. Hal ini menunjukkan bahwa terjadinya hepatitis A banyak terjadi di lingkungan kumuh. Sedangkan untuk hepatitis B,C.D,dan F penularan terjadi melalui penembusan kulit atau mukosa. Misalnya melalui suntikan, transfusi darah, tindakan operatif, perawatan gigi, tusuk jarum dan membuat tatto. Juga, penularan bisa melalui hubungan kelamin yang pasangannya mengidap penyakit hepatitis.

Untuk hepatitis B, penularan juga bisa terjadi pada ibu yang mengandung dan mempunyai HBsAG positif, penyakit ini bisa diturunkan kepada sang bayi kelak.

Guna menghindari penularan, sebaiknya saat hendak berobat, terutama ketika harus menggunakan jarum atau benda tajam lainnya seperti silet, harus ditanya apakah jarum suntik atau silet itu steril? Dan bukan bekas dipakai orang lain.

Bila dilihat dari faktor penyebab, nampaknya tidak ada yang berasal dari makanan atau minuman. Tapi, ada baiknya jika anda menghindari lemak dan santan. Karena kedua bahan pangan tersebut sangat sensitif dan bisa merusak metabolisme empedu, sedangkan empedu mempunyai kaitan kerja yang amat erat dengan hati. Jadi, gangguan yang berasal dari empedu bisa pula menganggu hati.

Produk HPA untuk hepatitis adalah Spirulina, Teh Herba atau Teh Asiatica. Disarankan anda harus banyak minum jika menggunakan produk HPA tersebut karena mereka memiliki sifat diuretic, yakni memperlancar air seni, yang fungsinya untuk meluruhkan racun-racun yang ada dalam tubuh melalui air seni.

No comments: