Wednesday, September 20, 2006

Cara Mengatasi Ketombe


Bagaimana caranya mengatasi ketombe, karena saya berkerudung dan juga berambut agak panjang. Dan bagaimana atau apa saja yang saya bisa gunakan untuk merawat rambut yang berkerudung

Ade Lisa Oktaviana
adelisao at eramuslim.com

Jawaban

Wa'alaikumsalam Wr.Wb

Menurut penelitian, lebih dari 85% pria dan wanita menjadi kurang pede karena masalah rambut dan kulit kepala. Sebenarnya, munculnya ketombe merupakan proses normal dan selalu hadir pada rambut kita. Karena, ketombe merupakan suatu pertumbuhan berlebihan kulit kepala tanpa peradangan. Gejala umumnya adalah adanya sisik-sisik putih pada kulit kepala, gatal, dan bisa juga disertai kerontokan rambut. Gejala kelainan yang muncul dapat bervariasi antar individu.

Ketombe atau yang dalam bahasa medisnya dikenal dengan nama ptiriasis sika (dandruff) banyak diderita oleh penduduk Indonesia yang beriklim tropis, suhu tinggi dan udara lembab. Penyakit ini biasanya mengenai orang yang kulitnya berminyak. Ketombe lebih banyak terjadi pada pria dan usia 30-40 tahun. Tapi, bukan berarti anak-anak remaja terhindar dari masalah ini.

Ketombe timbul karena terlalu banyak minyak pada kulit kepala. Bukan dikarenakan kekeringan, seperti dugaan kita selama ini. Anda mungkin akan merasa sangat gatal apabila berketombe. Tetapi, hal tersebut tidak akan menimbulkan peradangan kulit, seperti penyakit kulit yang lain. Kondisi rambut yang berketombe disebut seborrhea yang berkaitan dengan pertumbuhan jamur pityrosporin secara berlebihan. Ada pendapat lain yang mengatakan ketombe disebabkan oleh jamur mallassezia. Mallassezia yang hidup dari sebum pada kulit kepala. Perubahan hormon pada masa puber menstimulasi kelenjar sebaceous untuk menghasilkan sebum. Karena itu, ketombe akan mulai muncul pada awal masa puber.

Stres dan kelainan syaraf tertentu diduga dapat memicu reaksi dari jamur ini. Dan, akhirnya mengakibatkan inflamasi (karena gatal) dan sel-sel kulit cepat terkelupas. Kemungkinan lain, karena menggunakan shampo yang tidak tepat. Karena itu, sebaiknya hindari menggaruk kulit kepala yang dapat memperparah kondisi rambut yang berketombe.

Beberapa hal di bawah ini untuk menghindari timbulnya penyebab ketombe:

  • Penggunaan hair sprays dan gel yang berlebihan.
  • Penggunaan pewarna rambut yang tidak tepat dan penggunaan alat keriting rambut elektrik.
  • Hawa yang dingin dan pengeringan rambut.
  • Terlalu ketat mengenakan kerudung atau jilbab
  • Jarang keramas dan kurang bersih dalam mencuci rambut.
  • Pemakaian shampo yang salah

Sedangkan untuk merawat rambut berkerudung dan untuk mengatasi ketombe:

  • Jika memungkinkan keramaslah setiap dengan menggunakan shampo anti ketombe yang mengandung herba atau mengandung minyak pohon teh. Atau yang mengandung salicylic acid, sulfur dan zinc pyrithione
  • Gunakan minyak zaitun setelah keramas
  • Lakukan pemijatan pada kulit kepala dengan beberapa garam untuk mengangkat ketombe.
  • Setelah mencuci rambut, pijatlah kulit kepala dengan sari apel. Diamkan sejenak dan jangan di usap. Lakukan seminggu sekali.
  • Mengkonsumsi mengkudu, lebih baik yang berupa kapsul, karena lebih hyginis dan terbebas dari pemakaian zat pengawet ataupun kimia lainnya.

Untuk Produk HPA gunakan Tonik Pandan, khusus untuk rambut yang mengandung minyak zaitun dan daun pandan.

No comments: